Monday, January 15, 2018

5 langkah mudah membuat jam pasir dari botol bekas






Assalamualaikum wr wb, untuk dikesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial, bagaimana membuat jam pasir dari botol bekas. Kalian bisa memanfaatkan jam pasir ini untuk pengganti stopwatch ketika kalian melakukan hal-hal kecil sepeti menelpon, meditasi, atau apapun.




Bahan-bahan yang kalian butuhkan:
-pasir lembut
-botol plastik bening
-obeng/bor
-corong
-lem tembak/lem super

1. Langkah pertama kalian bahan-bahannya, Untuk botol pastikan kalian menggunakan botol yang bening, cuci botol agar tidak ada kotoran, semakin pendek botolnya semakin stabil botolnya. atau kalian bisa menggunakan bola lampu agar tampilannya lebih menarik. Untuk pasirnya disini saya menggunakan pasir pantai karena teksturnya yang lebih lembut dari pada pasir sungai, jika ditempat kalian susah untuk mendapatkan pasir pantai, kalian bisa bembeli pasir warna ditoko kerajinan ditempat kalian. Untuk lemnya kalian bisa menggunakan lem apapun asal jangan lem kertas.





2. Lubangi kedua tutup botol pada bagian tengah. kalian bisa membolonginya menggunakan bor mesin, paku, atau pakai obeng seperti saya. semakin besar lubang yang kalian buat semakin cepat pasirnya turun. Kalian bisa berexperimen dengan ukuran lubangnya, semakin kasar pasirnya sebaiknya semakin besar lubangnya.


3. Lem kedua tutup botolnya (lihat gambar). Kalian harus hati-hati saat pengeleman, jangan sampai lemnya menutupi lubang yang sudah kalian buat. sebaiknya disini kalian menguunakan lem super, lem tembak kurang kuat untuk menahan beban pasirnya.


4. Masukan pasir kedalam botol menggunakan corong agar tidak tumpa-tumpah. pastikan pasir yang kalin gunakan benar-benar kering. kalian bisa menggunakan pasur warna agar lebih menarik.


5. Setelah pasir dimasukan kedalam botol, tutup botolnya, dan jam pasir dari botol bekasnya siap digunakan.





Diposting oleh
Load disqus comments

0 komentar