Tuesday, October 16, 2018

6 Langkah Mudah Membuat Lampu Belajar Dari Kayu


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Dihari yang berbahagia ini saya akan berbagi sedikit tutorial cara membuat lampu belajar dari kayu. Ok tanpa basa-basi lagi kita langsung saja.




Bahan dan alat yang kita butuhkan antara lain:

1: Kayu
2: Penggaris/meteran
3: Bor
4: Gergaji
5: Bola lampu
6: Kaleng soda
7: Fitting lampu
8: Kabel
9: Varnish kayu
10: 5 baut '10mm'
11: 5 mur kupu-kupu/wing nut '10mm'
12: 1 mur '10mm' biasa
13: Paku triplek
14: Palu
15: Mata bor '10mm' atau '12mm'
16: 8 ring baut "10mm'
17: Pulpen/Spidol

Penjelasan tentang bahan yang saya gunakan. Untuk kayu, Disini saya menggunakan kayu dengan ukuran 1cm x 1cm, Kalian juga bisa menggunakan papan kayu tipis ukutan 3mm x 3cm. Baut yang saya gunakan disini baut 10mm dengan panjang '2inch atau 5cm'. Untuk bola lampu kalian harus menggunakan bola lampu kecil, 3 watt atau 5watt. Jika bahan dan alat nya sudah terkumpul kita langsung ke tkp.

STEP 1: Potong Dan Bor
Dilangkah pertama ini, ada lima bagian yang harus dipotong dan dibor.







Potongan 1. Potong lima buah kayu sepanjang 23,5cm (gambar 1), Lalu bor tiga buah kayu yang kalian potong -+3cm dari ujung kayu tersebut (gambar 2-3), Untuk bagian kakinya, Bor dua buah kayu sedekat mungkin dengan ujung kayu (gambar 3).




Potongan 2. Potong kayu sepanjang 7cm lalu bor bagian tengahnya. Disini kalian hanya membutuhkan satu kayu saja, Saya bikin dua untuk jaga-jaga kalau yang satu gagal/pecah



 Potongan 3. Potong kayu sepanjang 3cm, lalu bor tengahnya.




Potongan 4. potong dua buah kayu sepanjang 12cm.


STEP 2: varnishing


Setelah semua bahan terkumpul, varnish semua kayu yang akan kalian gunakan, Disini saa menggunakan cairan varnish merek boyo. setelah di varnish akan tampak bedanya, kiri yang sebelum dan kanan yang sesudah divarnish.


Step 3: cover lampu







Potong bagian atas kaleng, lalu buat lubang untuk kebel dibagian bawah kaleng, dan lubang untuk baut dipinggir kaleng.


Step 4: perakitan



Pasang kayu no EMPAT dengan no DUA (lihat step satu -atas-)  menggunakan paku triplek, agar kayu tidak pecah, jangan gunakan paku besar. Lalu pasang kayu no SATU (gambar 3) pada kayu no DUA menggunakan baut dan mur kupu-kupu, jangan lupa pasang ring bautnya agar kayu tidak cepan hancur.


Step 5: dudukan cover lampu



Paku kayu no TIGA ke kayu no SATU (lihat gambar) menggunakan paku triplek. jangan gunakan paku besar agar kayu tidak pecah.


Step 6: lampu dan covernya









Step terakhir, masukan baut beserta ringnya ke lubang yang kalian buat pada sisi kaleng. pasang kabel fitting dan lampu dari lubang yang kalian buat pada bagian bawah kaleng. Terakhir pasang kaleng menggunakan mur biasa (lihat gambar).


Hasil akhir





Pasang lampu menggunakan double tape. kalian bisa mengatur tinggi rendah lampunya dengan mengendorkan baut kupu-kupunya 




Sekian untuk kali ini wassalam


Diposting oleh
Load disqus comments

0 komentar