Monday, September 7, 2020

Cara Ganti Shockbreaker Belakang Motor Matic Yamaha Fino Sendiri


Assalammualaikum Wr Wb. Pada hari ini saya akan membagikan sedikit tutorial bagaimana cara mengganti shockbreaker belakang motor matic. Motor yanh saya gunakan disini adalah yamaha fino 125 tahun 2016, untuk motor dengan merek, type, atau tahun yang berbeda pasti caranya akan berbeda juga. Tapi untuk overall kurang lebih sama.



Alat dan bahan:

- Motor

- Shockbreaker baru

- Kunci T 10

- Obeng +

- Kunci 12

- Kunci 14

Untuk kunci 12 dan 14 sebaiknya kalian menggunakan kunci ring jangan kunci pas, untuk mencegah bautnya rusak.


Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka besi pegangan belakang menggunakan kunci T 10. Disini kalian harus menggunakan kunci T 10, karena posisi bautnya berada agak kedalam, tidak bisa dicapai oleh kunci ring atau kunci pas.


Langkah selanjutnya buka baut yang ada di body bagian sebekah kiri (cuma yang sebelah kiri). Ada 9 buah baut yang harus kalian buka.



Lalu buka bagian bodi belakang yang ada pas di atas lampu belakang. Caranya degan ditarik agak menyerong ke arah bagian depan motor.


Setelah tutup bagian belakang terbuka, buka body samping sebelah kiri secara perlahan, jangan ditarik, ada kabel lampu samping yang terhubung ke bodi. Kalian tidak perlu melepaskan kabel lampu sampingnya.





Selanjutnya buka baut bagian bawah menggunakan kunci 12 dan yang bagian atas menggunakan kunci 14. Disini sebaiknya kalian menggunakan kunci ring, jangan kunci pas seperti yang sbaya gunakan.


Pastikan kode seperti gambar diatas  menghadap kedepan saat kalian memasang Shockbreakernya, karena ada drat disisi yang satunya. 


Sekian untuk kali ini dari saya, kalau ada kurang saya mohon maaf WASSALAM.

Diposting oleh
Load disqus comments

0 komentar